STANDAR RUANG TERBUKA SEMPADAN SALURAN UDARA TEGANGAN TINGGI

STANDAR RUANG TERBUKA SEMPADAN SALURAN UDARA TEGANGAN TINGGI

Tanah, bangunan dan tanaman yang berada di bawah sepanjang jalur SUTT atau SUTET sebagai ruang aman tetap digunakan oleh pemiliknya sesuai dengan rencana tata ruang. Ruang bebas adalah ruang sekeliling penghantar SUTT atau SUTET, yang harus dibebaskan dari kegiatan orang, makhluk hidup lainnya maupun benda apapun, dapat dinaikkan dengan cara meninggikan menara dan atau memperpendek jarak antarmenara. Ruang bebas yang dimaksud tersebut besarnya tergantung tegangan, tekanan angin dan suhu kawat penghantar.

Faktor-faktor yang menentukan ruang bebas dan ruang aman adalah tegangan, kekuatan angin dan suhu di sekitar kawat penghantar:

  1. Tegangan; makin besar tegangan yang bekerja pada penghantar makin besar jarak minimum (clearance) yaitu jarak yang terpendek yang diizinkan antara kawat penghantar dengan benda atau kegiatan lain sesuai dengan angka-angka yang tertera pada tabel berikut:

Jarak Bebas Minimum antara Penghantar SUTT dan SUTET dengan Tanah dan Benda Lain

 

No

 

Lokasi

SUTT

66KV

(m)

SUTT

150 KB

(m)

SUTET 500 KV

Sirkit Ganda (m)

Sirkit Tunggal (m)

1

2

2.1

2.2

2.3

2.4

 

2.5

2.6

 

 

2.7

2.8

 

 

2.9

Lapangan Terbuka atau Daerah Terbuka

Daerah Dengan Keadaan Tertentu:

Bangunan tidak tahan api

Bangunan tahan api

Lalu lintas jalan/jalan raya

Pohon-pohon pada umumnya, hutan, perkebunan

Lapangan olahraga

SUTT lainnya, penghantar udara tegangan rendah, jaringan telekomunikasi, antena radio, antena televisi dan kereta gantung

Rel kereta biasa

Jembatan besi, rangka besi penahan penghantar, kereta listrik terdekat dan sebagainya

Titik tertinggi tiang kapal pada kedudukan air pasang/tertinggi pada lalu lintas air.

6,5

12,5

3,5

8

3,5

12,5

3

8

3

3

7,5

13,5

4,5

9

4,5

13,5

4

9

4

4

10

14

8,5

15

8,5

14

8,5

15

8,5

8,5

11

15

8,5

15

8,5

15

8,5

15

8,5

8,5

  1. Angin; makin besar tekanan angin, makin besar ayunan kawat penghantar ke kiri atau ke kanan dan pada satu gawang (jarak antara sua menara) ayunan yang terbesar karena pengaruh angin adalah pada kawat penghantar yang lengkungannya paling rendah sedangkan ayunan semakin kecil ke arah menara.
  2. Suhu kawat penghantar; makin besar suhu yang mempengaruhi kawat penghantar makin mengendor kawat penghantar tersebut, sehingga andongannya menjadi lebih besar dan kenaikan suhu tersebut disebabkan oleh suhu di sekeliling dan suhu yang diakibatkan oleh besarnya arus yang mengalir pada kawat penghantar tersebut.

Ruang aman dapat dibentuk sedemikian rupa sehingga lahan/ruang yang ada dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk berbagai kepentingan, sehingga di satu pihak sistem listrik yang ada tidak terganggu oleh lingkungan dan di lain pihak lingkungan itu sendiri tidak terganggu oleh sistem listrik tersebut. Ruang bebas dapat dibentuk dengan menetapkan ketinggian menara direncanakan sedemikian rupa sehingga kuat medan listrik dan medan magnet yang dibangkitkan SUTT atau SUTET berada di bawah ambang batas yang direkomendasikan Badan Kesehatan Dunia (WHO/World Health Organization) dengan ketentuan tertentu.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s