Planner Aliran

Dalam berbagai kasus perencanaan pembangunan, tampaknya selalu terjadi pertemuan antara dua madzab atau aliran besar yang dianut para planner yang terlibat. Saya sudah mencoba berhati-hati mengklasifikasikannya agar bisa netral. Dua aliran besar tersebut adalah Planner bermadzab kelestarian, dan yang kedua adalah planner yang bermadzab kemajuan. Kedua kata tersebut tentu saja secara umum dianut kesemua planner. Bobotnyalah yang membedakan.

Dalam kasus MIFEE misalnya,.. Aliran Kelestarian sepertinya menghendaki Papua biarlah tumbuh apa adanya sesuai dengan kearifan lokal, adat istiadat, serta kultur sebagaimana yang telah berlangsung selama ini. Misalnya pandangan bahwa orang Papua hidup dari alam…, maka biarkanlah seperti itu. Sedangkan Aliran Kemajuan berkehendak memberikan alternatif yang dipandangnya dapat memacu peningkatan kesejahteraan yang signifikan. Aliran ini tentu saja mendasarkan pemikirannya pada standar dan teoritik yang berlaku secara global mengenai kesejahteraan.

Dalam kasus Suku Badui, aliran Kelestarian menghendaki agar Suku Badui tetap seperti apa adanya. Sedangkan Aliran Kemajuan menghendaki modernisasi Suku Badui dengan berbagai Indikatornya, misal Drop-out Rate, APM (Angka Partisipasi pendidikan Murni), AKI (Angka Kematian Ibu), AMH (Angka Melek Huruf), AKI, AKABA, PPP, dan lain sebagainya.

Dalam kasus RTRW Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), benturan juga cukup keras. Aliran Kelestarian ingin mengamankan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) secara ekstrim tak boleh diusik-usik. Sedangkan aliran kemajuan menghendaki kesempatan dan aksesibilitas yang sama bagi seluruh warga NAD, meskipun itu berarti harus membuat jalan melalui TNGL.

Tentu saja keberadaan kedua Aliran tersebut, selain memang sudah dari sononya, ya ibarat Rem dan Gas. Planner beraliran Kelestarian ibaratnya nge-Rem, dan yang beraliran Kemajuan ibaratnya nge-Gas. Kalau di rem terus ya enggak maju-maju. Kalau digas terus tanpa rem ya cilaka… Saya sendiri cenderung beraliran nge-Gas… he he.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s