Perkemahan

1. Ciwangun Indah Camp (CIC)

Ciwangun Indah Camp (CIC) mulai dirintis pada awal bulan Agustus 2006. Soft Launching pada 05 September 2006 dan Grand Launching pada 05 September 2007. Adalah H. Kosasih, seorang putra daerah yang mempunyai ide untuk mengembangkan sebuah kampung kecil, yaitu Ciwangun untuk menjadi sebuah tempat tujuan wisata. Pada mulanya H. Kosasih melihat bahwa kampung tempat ia dilahirkan tersebut memiliki potensi wisata yang cukup baik karena ciwangun adalah sebuah kampung yang memiliki kondisi alam yang indah dan alami. Bahkan ciwangun juga memiliki beberapa air terjun yang tidak kalah menarik dari objek wisata lainnya. Ditambah lagi perkebunan teh milik PTPN VIII sangat dekat lokasinya dengan kampung ciwangun, jadi bagi para pengunjung yang ingin melakukan kegiatan tea walk tidak perlu jauh-jauh lagi mencarinya. Atas dasar itulah H. Kosasih bersama rekannya yang lain berinisiatif membuka tempat pariwisata di kampung ciwangun.

selengkapnya kunjungi saja website nya di www.ciwangunindahcamp.com

Selain alasan diatas, CIC berdiri tidak semata-mata untuk mencari keuntungan ekonomi. CIC berdiri mengemban sebuah misi social yaitu pemberdayaan masyarakat, baik secara fisik maupun non fisik. Sebagai seorang aktivis lingkungan dan yang ditokohkan oleh masyarakat sekitar, jiwa beliau terpanggil untuk mengembangkan ciwangun menjadi sebuah kampung yang lebih baik. Tujuan lain adalah dalam rangka pemberdayaan tenaga yang ada disekitar ciwangun. Saat pembangunan Ciwangun Indah Camp, hampir 98 % dari seluruh karyawan bangunan CIC adalah masyarakat kampung Ciwangun dan sekitarnya. Sampai saat ini pun untuk tenaga operator/instruktur CIC sebagian diambil dari masyarakat kampung Ciwangun dan sekitarnya.

Alasan lain berdirinya CIC outbound adalah dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah dalam mengurangi efek rumah kaca atau global warming. Sebagian besar wilayah CIC adalah hutan lindung milik Perhutani. CIC diharapkan mampu memelihara hutan tersebut bahkan mengawasi dari penebangan liar yang dilakukan masyarakat. Pada tahun 2007, CIC memiliki program Tanam Satu Juta Pohon. Sampai saat ini tidak kurang dari 50.000 ribu pohon sudah ditanam kembali diarea sekitar CIC Outbound. Program ini jelas sekali banyak manfaatnya. Selain mengurangi efek rumah kaca atau global warming, area CIC yang memiliki beberapa sumber mata air yang digunakan oleh hampir sebagian besar masyarakat Kec. Parongpong, Cisarua, Cimahi bahkan Bandung akan terjaga volumenya sebab pohon-pohon yang berada di area CIC sangat berperan dalam menyerap air yang kemudian menciptakan beberapa titik mata air.

2. Bumi Perkemahan Cikole

lokasi : Jl. Raya Tangkuban Perahu km. 30 Lembang, Bandung

Bumi Perkemahan Cikole/Cikole Endah merupakan lokasi wisata yang dikelola oleh Perum Perhutani ini terletak sekitar 30 km dari Kota Bandung, tepatnya di Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).
Selain berfungsi sebagai wana wisata harian, lokasi ini sering digunakan untuk berkemah. Di lokasi ini terdapat area perkemahan yang mampu menampung 50 unit kemah. Kawasan hutan seluas kurang lebih 10 Ha yang sebelumnya merupakan hutan produksi pinus kini telah dikembangkan menjadi bumi perkemahan.
Dan ternyata tidak hanya pohon pinus saja yang tumbuh di daerah ini, tetapi terdapat juga pohon aghatis dan kaliandra. Cikole Endah tidak hanya berfungsi sebagai wana wisata alam dan bumi perkemahan saja. Fungsi lain dari Cikole Endah juga menyediakan arena untuk outbond training, jungle kids, jogging track dan beberapa fungsi lainnya lagi. Di sini juga terdapat sumber mata air yang digunakan untuk keperluan pengunjung, terutama para pengunjung yang berkemah di lokasi ini.

Untuk memenuhi kebutuhan para wisatawan yang berkunjung juga yang berkemah, Cikole Endah memiliki fasilitas yang cukup lengkap, diantaranya adalah pagar pengaman, shelter, jalan setapak, jembatan, tempat parkir, gardu jaga, gerbang/ loket karcis, rumah petugas, musholla, MCK, instalasi air dan instalasi listrik, mesin diesel. Untuk bisa sampai di Cikole Endah, kita tidak perlu bingung, karena lokasi ini berada di pinggir jalan di seberang gerbang masuk Tangkuban Perahu, dapat ditempuh menggunakan angkutan umum.

Wana wisata Cikole

Keadaan Umum
Wana wisata Cikole terletak diRPH Cikole BKPH Tangkubanperahu KPH Bandung Utara, yang secara administrasif pemerintahan terletak di Desa Cikole Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung. Wana wisata ini terletak pada ketinggian 1.300m dpl, konfigurasi lapangan umumnya landai sampai bergelembong Kawsan ini mempunyai curah hujan 2.700 mm/tahun dengan suhu udara 12-29C.

Potensi Kawasan
Wana wisata ini terdiri dari hutan alam dan tanaman campuran (pinus, agathis dan kaliandra). Sumber air yang ada berupa mata air yang saat ini dimanfaatkan untuk keperluan pengunjung. Potensi visual lansekap didalam kawasan
yang menarika adalah hutan alam, hutan tanaman, dan pegunungan dengan udara yang sejuk.

Potensi Wisata
Wana wisata ini selain digunakan untuk wisata harian juga untuk wisata berkemah. kegiatan wisata yang dapat dilakukan adalah piknik, lintas alam dan hiking, sedangkan untuk kegiatan berkemah tersedia beberapa kompleks perkemahan dengan kapasitas tampung 50 unit kemah.
Semula kawasan hutan seluas 10ha ini merupakan hutan produksi pinus yang kemudian dikembangkan sebagai bumi perkemahan. Wana wisata ini dijadikan sebagai areal penyangga dimana TWA Tangkuban Perahu terlalu padat oleh pengunjung.

Fasilitas
Fasilitas yang terdapat dibumi perkemahan ini antara lain pagar pengaman, shelter, jalan setapak, jembatan, tempat parkir, gardu jaga, gerbang/ loket karcis, rumah petugas, musholla, MCK, instalasi air dan instalasi listrik, mesin diesel.

Aksebilitas
Wana wisata ini dapat dicapai dari Kecamatan Lembang (17km) Cisarua (7km), Cimahi (23km) dan dari Kabupaten/Kodya Bandung (25km) Subang(45km) Jakarta(205km). Kondisi jalan umumnya baik dan beraspal sehingga dapat dilalui baik kendaraan roda empat maupun dua. Sarana transportasi umum yang ada berupa colt dan bus.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s